Cara Mengecek Cdi Supra X 125

Cara Mengecek Cdi Supra X 125 – Tidak ada yang tahu CDI. CDI ini sering kita lihat pada kendaraan bermotor, ketika unit memiliki soket yang terhubung dengan banyak kabel, maka masing-masing soket tersebut akan memiliki fungsi yang berbeda.

Merupakan rangkaian elektronik yang mengatur waktu pengapian atau ignition timing dari busi yang diproses dan dilepas oleh koil mesin untuk merangsang pembakaran di ruang bakar mesin.

Cara Mengecek Cdi Supra X 125

Sistem pengapian pada sepeda motor ini terbagi menjadi beberapa komponen kelistrikan khusus, seperti tabung pengapian, pembangkit pulsa, CDI, koil pengapian, dan busi. Di situlah mereka bekerja sama.

Cara Memperbaiki Cdi Mati Sesuai Gejala Yang Ditimbulkan

Penyala ini berfungsi sebagai sumber pembangkit listrik saat ini dan generator pulsa bertindak sebagai sinyal dan mengatur CDI.

Seiring berjalannya waktu, teknologi pada kendaraan bermotor semakin meningkat, sehingga pabrikan menawarkan semakin banyak jenis mesin CDI, dari yang termurah hingga yang termahal.

Pada CDI terdapat kabel aki yang mengikuti rangkaian asli sesuai dengan tipe motor yang dipasang. Jadi setiap soket CDI sepeda motor memiliki beberapa perbedaan. Meski ada beberapa tipe mesin yang sama. Untuk lebih jelas mengenai soket CDI sepeda motor, berikut ulasan mengenai soket CDI sepeda motor untuk sepeda motor.

Kebanyakan pengendara mobil tidak mengetahui cara mengenali dan membaca colokan CDI kendaraan bermotornya, juga tidak memahami arti dari warna kabel CDI sepeda motor. Namun hanya mengetahui bentuk fisik dan ukuran CDI.

Cara Menyetel Karburator Sepeda Motor, Honda Supra X 125, Revo 110 Dan Blade 110

Perlu diketahui bahwa warna kabel pengapian setiap merk sepeda motor memiliki warna kabel yang berbeda. Artinya warna kabel terminal CDI motor berbeda untuk setiap pabrikan motor.

Desain ini diperkirakan tidak akan mudah diikuti kompetitor karena merupakan rahasia pabrik. Di bawah ini adalah penjelasan tentang pemasangan papan CDI untuk semua mesin.

Di bawah ini adalah penjelasan cara membaca soket CDI pada sepeda motor. Semoga penjelasan ini cukup untuk anda pahami, juga dapat membantu anda dalam pemasangan CDI pada motor anda.

2 Maret 2023 Daftar Harga Harley-Davidson 2023, Mario Dandy Tunggangi Kecurigaan Hobi Spression Geber Moge– Selamat datang kembali di blog roda dua terbaik Bunda he…he…disini buat kalian yang masih pemula, jangan sungkan untuk baca sampai habis ya, share sama temen-temen dan jangan lupa subscribe channel youtube saya ya…

Promo )spidometer Koso Spedo Spidometer Digital Led Koso Led Motorcycle Rx2n Atv Lcd Digital Speedometer Tachometer Meter Untuk Semua Jenis Motor Universal

Kali ini kita mau bahas tentang kumparan, tapi ngomong-ngomong, tahukah kamu apa itu kumparan? apa fungsinya? Bagaimana jika koil rusak? dan bagaimana cara memeriksa kumparan yang lemah. Koil yang disebut juga high voltage hose disebut juga koil pengapian ini berfungsi untuk menaikkan tegangan 12 volt yang berasal dari CDI atau ECM menjadi 15.000 – 20.000 volt. Daging.. menakutkan bukan!! berapa kali lipat, tetapi jika Anda tidak yakin dengan tegangan yang dihasilkan oleh koil. Jadi coba sendiri, caranya cukup mudah yaitu lepas busi/kencangkan busi dan pegang kabel besar koil lalu hidupkan mesin, bisa menggunakan starter atau starter kit.

Saya yakin anda akan merasakan sengatan listrik/kejutan dengan arus dari koil ha… ha… untuk pengobatan kesehatan ha… ha… Langkah di atas adalah mengetes berapa tegangan dikalikan dengan kumparan motor.

Di dalam kumparan terdapat dua kumparan, kumparan primer dan kumparan sekunder, yang mengubah induksi magnet menjadi tegangan tinggi. Kumparan primer dicirikan oleh penampang yang lebih kecil dan jumlah putaran yang lebih banyak, sekitar 20.000 putaran. Fungsinya untuk mengubah induksi magnet menjadi tegangan tinggi, yang kemudian diarahkan ke busi.

Letak lilitan sekunder dililitkan pada inti kumparan, sedangkan lilitan primer dililitkan di bagian luar. Salah satu ujung kumparan sekunder dihubungkan ke terminal tegangan tinggi dan ujung lainnya dihubungkan ke kumparan primer. Kedua ujung kumparan primer dihubungkan dengan arus (+) dari CDI atau ECU dan salah satu ujungnya ke ground (-).

Persamaan Serta Letak Jalur Soket Kiprok Honda Sonic 150 Dan Supra Gtr 150

Seiring waktu, suku cadang atau komponen akan mulai aus atau rusak, dan ini juga terjadi pada koil. Sekalipun koil gagal, bentuknya tidak akan berubah, tetapi masih dapat diprediksi atau dicirikan sebagai percikan merah daripada biru. Saat mesin sepeda motor panas atau berhenti mendadak setelah menempuh jarak jauh, maka traksi sepeda motor akan melambat atau tersendat.

Anda dapat menggunakan dua cara untuk memeriksa belitan motor yang lemah yaitu dengan mengukur tegangan puncak koil dan mengukur resistansi/hambatan pada belitan primer dan sekunder. Alat penting untuk mengukur resistansi dapat berupa voltmeter, sedangkan jika Anda ingin mengukur tegangan puncak koil, Anda memerlukan voltmeter dan konverter tegangan puncak.

Pastikan multimeter yang digunakan bukan multimeter yang rusak dan benar-benar dalam kondisi prima karena akan mempengaruhi hasil pengukuran. Yang akan kita ukur adalah resistansi kumparan, bukan tegangan puncak kumparan, karena untuk mengukur tegangan puncak diperlukan alat lain yaitu tegangan puncak dan alat ini jarang tersedia.

Untuk mengukur tahanan kumparan, sepeda motor harus dingin pada suhu 20 derajat Celcius, dan harus mengetahui tahanan standar kumparan. Jadi saya tidak banyak bicara, lebih baik Anda memeriksanya …

Fungsi Dan Perbandingan Dari Cdi Dengan Ecu

Tegangan lilitan motor minimal harus 100 volt, lebih rendah dari itu ada kemungkinan kerusakan pada koil, tapi untuk lebih jelasnya lebih baik anda ukur hambatan yang terdapat pada koil dan cek.. gan…

Nah terkadang terjadi salah pengertian menghubungkan koil mesin karburator ke motor injektor. Lalu hasilnya meledak…. ECM atau ECU akan langsung meledak karena arus balik dari koil terlalu besar. Jadi kalau kalian suka test part plug and play racing sebaiknya hati-hati, jangan hanya beli saja, tapi pastikan juga part nya dari motor injeksi bensin atau motor karburator ya guys…

Lain kali saya akan menambahkan video tentang postingan ini tapi sebelum itu tolong subscribe guys, it’s… it…

Terakhir, lanjutkan dengan saya, jangan sombong, hormati pejalan kaki dan sapa jalan aspal, guruku. Sepotong kecil ini tersembunyi di sekitar magnet dan perannya sangat penting untuk kelangsungan hidup sepeda motor he..he.. Kali ini saya ingin berbicara tentang fungsi dari motor yaitu pulse coil. warna kabel? Lokasi nongkrong? sampai Anda mendapatkan tanda tanya pada lem hijau? Baca sampai habis biar lebih paham ya sob, kalau bingung komen dan subscribe bukan yusuf ya?

Inilah 3 Cara Atasi Switch Starter Rusak Yang Bisa Membuatmu Tidak Perlu Keluar Banyak Uang

Pulser atau receiver coil alias spool pulser dan masih banyak lagi nama lainnya adalah komponen yang menentukan waktu pengapian CDI (Capacitor Discharge Ignition) atau ECU (Engine Control Unit) dengan cara mengirimkan sinyal ke SCR, lalu menginstruksikan SCR untuk menyala kapasitor. dan pergi.

Suara pabrik adalah sebagai berikut, generator pulsa mengirimkan sinyal ke CDI untuk menyalakan percikan di busi, menandakan bahwa piston akan bergerak ke titik mati atas setelah medan magnet melewatinya. Baiklah dan kamu? sehingga waktu pengapian teratur sehingga saat bahan bakar dikompresi, busi menyala, sehingga menjadi tenaga yang menggerakkan sepeda motor.

Perbedaan antara kumparan pulsa dan tabung pengisian, penerangan dan pengapian terletak pada cara menghasilkan energi listrik. Untuk kumparan pengisi, jika kumparan atau lilitan dililitkan pada besi lunak (karen) kemudian dipotong oleh gaya magnet, maka dihasilkan energi listrik untuk penerangan dan pengapian. Sedangkan generator pulsa adalah kumparan yang ditempatkan di atas medan magnet dengan diameter kawat yang sangat kecil yaitu 0,01mm atau kurang.

Setiap pabrikan sepeda motor menawarkan warna yang berbeda untuk setiap produk, jadi mau tidak mau, Anda bisa tersesat di sini… Untuk sepeda motor karburator injeksi bahan bakar, ada beberapa warna kabel Pulser atau CKP (posisi Crankshaft) yang berbeda, tetapi untuk saat ini , kita bahas karburator ini dulu maunya abang takut di injeksi takut salah ngomong malu valentino rosi dia..

Modal 20 Ribu, Bisa Bikin Cdi Unlimiter

Mengenai letak penghasil pulsa, semua motor sport dan mobil bebek ditempatkan di blok dari kiri saat kemudi, dan untuk matic terletak di belakang radiator atau kipas pendingin.

Sebenarnya untuk hasil langsung yang maksimal lebih baik menggunakan alat yang bernama Peak Voltage Adapter dan Avo meter dengan badan probe Positif dan Negatif. Tegangan puncak yang digunakan untuk mengubah AC menjadi DC sebelum tegangan dari Sul dibaca oleh Avometer. Namun sayangnya sebagian besar toko memiliki Tegangan Puncak resmi dan orang jarang mengetahui bentuk dan kegunaannya, mereka juga perlu mengetahui ukuran tegangan puncak generator pulsa, bukankah itu akan membuat pusing? jika kurang dari angka ini, Anda perlu mengganti koil generator pulsa.

Pastikan Anda memiliki avometer atau Anda dapat meminjamnya tetapi tidak membantu, itu salahnya … dan jika Anda tidak dapat memastikannya, setidaknya Anda mencoba tetapi Anda tidak dapat melihatnya di mata saya. matanya, dia…

Kemudian jika kabel generator pulsa menggunakan dua kabel, pasang probe merah (+) ke kabel generator pulsa utama dan probe hitam (-) ke kabel generator pulsa kedua, contoh di bawah ini dari Yamaha. Tetapi jika hanya ada satu kabel pulsa, maka salah satu probe tidak terhubung ke blok mesin, tetapi ke baud (-) mesin, karena terhalang oleh cat, tidak apa-apa untuk bolak-balik saat menghubungkan. probe.

Ciri Dan Cara Memeriksa Ecm Honda Injeksi Mengalami Kerusakan

Langkah terakhir amati hasil pengukuran, jika tidak ada sambungan berarti Spool Pulser mati, segera ganti yang baru. Sedangkan jika hasil pengukuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *